6 Cara Menyelamatkan Diri Dari Kebakaran

Tragedi kebakaran besar dapat dihindari jika langkah-langkah keamanan diberlakukan dan semua warga memiliki pengetahuan dasar tentang cara menerapkannya. Ketika kebakaran besar terjadi, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan diri.

Langkah-langkah ini bisa menjadi perlindungan diri ketika Anda berada di dalam situasi kebakaran besar tersebut.

1. Simpan Semua Nomor Layanan Darurat

Hal pertama yang harus dilakukan adalah selalu simpan dan hafal semua nomor layanan darurat seperti Damkar, Ambulance, dan Polisi. ini akan bermanfaat ketika Anda berada di situasi terdesak seperti kebakaran besar.

2. Tetap tenang

Panik adalah hal yang bisa mengancam jiwa ketika berada di dalam keadaan darurat seperti kebakaran. Ketika panik, Anda bisa bertindak tidak rasional atau memperburuk situasi. Saat Anda terjebak dalam kebakaran, luangkan waktu sejenak untuk menilai situasi di sekitardan dengan tenang hubungi layanan darurat untuk meminta bantuan.

3. Merunduk ke Tanah

Luka bakar bukanlah alasan mengapa kebakaran sangat mematikan. Sebab, ancaman sebenarnya adalah mati lemas akibat asap beracun. Jika terjadi kebakaran pastikan Anda tetap rendah ke tanah yakni dengan merangkak sehingga Anda tidak menghirup asap beracun.

4. Jangan Pernah Menggunakan Lift

Jika kebakaran terjadi di gedung bertingkat tinggi, lift mungkin tampak seperti pilihan yang lebih cepat untuk mengevakuasi diri. Namun, ada kemungkinan lift akan mengalami gagal fungsi sehingga ada kemungkinan besar Anda akan terjebak.

5. Biasakan diri Anda dengan prosedur keselamatan kebakaran

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Sebelum kebakaran terjadi, hendaknya Anda mengetahui dasar-dasar menggunakan peralatan pemadam kebakaran, bagaimana prosedur evakuasi, dan tata letak bangunan yang sering Aanda kunjungi. Dengan cara ini, akan meningkatkan peluang untuk bertahan hidup.

6. Jangan Lari ke Atap

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, jika asap belum ada,  berjalan ke pintu terdekat. Namun jika sudah asap, Anda harus merangkak ke pintu keluar terdekat. Jangan pernah pergi ke atap dan selalu berusaha sebaik mungkin untuk turun dan keluar dari gedung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

08111-0555-002